Beranda » artikel » MADU RAMBUTAN, SIAP MENGGANTIKAN PESONA MADU KELENGKENG YANG MULAI PUNAH

MADU RAMBUTAN, SIAP MENGGANTIKAN PESONA MADU KELENGKENG YANG MULAI PUNAH

T Diposting oleh pada 22 Januari 2018
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada MADU RAMBUTAN, SIAP MENGGANTIKAN PESONA MADU KELENGKENG YANG MULAI PUNAH
@ Dilihat 627 kali

Madu Rambutan merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah ternak Apis mellivera yang diternakkan di kebun yang sebagian besar ditumbuhi pohon rambutan.

Lebah menghisap nektar bunga pohon rambutan, kemudian diolah di dalam kelenjar lebah pekerja dengan diberikan enzim yang terkandung di dalam saliva lebah, sesampai di sarangnya nektar tersebut dikeluarkan lagi sehingga menghasilkan cairan madu dengan rasa dan warna yang khas.

 

 

Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditanam di Indonesia, Thailand dan Malaysia. Buah ini masih satu keluarga dengan kelengkeng, leci dan matoa. Buah rambutan sangat populer di Indonesia dan banyak digemari karena rasanya yang manis asam dan segar. Di Pulau Jawa, pohon rambutan banyak ditanam di Jawa Tengah seperti daerah Kudus, Magelang. Sedangkan di Jawa Barat banyak terdapat di daerah Lebak dan Subang. Pohon rambutan banyak dimanfaatkan oleh peternak lebah untuk menggembalakan lebah-lebahnya, untuk menghasilkan madu rambutan yang rasanya sangat digemari oleh pecinta madu.

Menurut bapak Solikin (2017) peternak lebah asal Temanggung beliau mengutarakan bahwa , walaupun sama-sama kebun rambutan namun kebun rambutan dari daerah Subang adalah yang paling bagus dan banyak menghasilkan madu. Hasil madunya sedikit berbeda dengan madu rambutan hasil ternak dari daerah Jawa Tengah. Perbedaan tersebut terdapat pada aroma khas madu rambutan daerah Subang yang lebih kuat jika dibanding dengan madu rambutan hasil ternak dari daerah Jawa Tengah. Namun untuk soal rasa dan manfaat , baik madu rambutan hasil dari Jawa Barat maupun Jawa Tengah sama-sama bagusnya. Hal ini bisa disebabkan karena faktor letak geografis dari masing-masing daerah. Masing-masing daerah memberikan kontribusi yang berbeda terhadap hasil madunya.

Madu Rambutan memiliki warna kuning coklat keemasan dengan aroma wangi khas madu rambutan dan rasa yang manis wangi. Sangat sulit sekali untuk bisa mendiskripsikan rasa madu dengan tepat, agar lebih yakin konsumen bisa mencoba madu rambutan Al Mubarak yang sudah terbukti semakin banyak konsumen yang merasakan manfaat dan nikmatnya.

Bapak Solikin menambahkan bahwa madu rambutan mempunyai karakteristik yang sangat mirip dengan madu kelengkeng, baik dari sisi warna, aroma dan rasa.

“Untuk saat ini madu kelengkeng sudah hampir tidak ada, karena nektarnya sedikit sehingga menghasilkan madu yang sedikit pula, sehingga kami para peternak lebah jadi merugi jika menggembalakan lebah di kebun kelengkeng” imbuh beliau. (Bp Solikin. 2017)

Manfaat madu rambutan pun memiliki kesamaan dengan madu kelengkeng, yaitu dipercaya memperlancar urine, menurunkan demam, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Serta lebih bagusnya lagi bahwa madu rambutan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil (dr. Adji Suranto, 2004).

 

Jadi untuk konsumen yang selama ini fanatik dengan madu kelengkeng, saat ini ada baiknya jika mulai melirik dan beralih ke madu rambutan. Karena madu rambutan Al Mubarak terjamin kualitas dan orisinalitasnya. Madu Rambutan Al Mubarak terbukti aman, sehat dan higienis. Bebas residu antibiotik khloramphenikol, bebas cemaran logam berat dan kandungan enzim diastase yang memenuhi standar SNI Madu (Result of Analysis, SIG.LHP.XII.2017.079161. , Des 2017)

 

Ditulis Oleh : Retno eko wati
tinjauan pustaka :

Komentar dinonaktifkan: MADU RAMBUTAN, SIAP MENGGANTIKAN PESONA MADU KELENGKENG YANG MULAI PUNAH

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait MADU RAMBUTAN, SIAP MENGGANTIKAN PESONA MADU KELENGKENG YANG MULAI PUNAH

MADU KALIANDRA, MADU EKSOTIK DENGAN SIFAT YANG UNIK

T 23 Januari 2018 F A Madu Al Mubarak

Madu Kaliandra dihasilkan oleh lebah Apis mellivera yang digembalakan di sekitar tumbuhan Kaliandra. Kaliandra (Calliandra calothyrsus) merupakan tanaman semak yang biasa ditemui di daerah sekitar hutan maupun lereng-lereng bukit. Kaliandra banyak dimanfaatkan daunnya sebagai pakan ternak karena kandungan protein kasarnya... Selengkapnya

TAK PERLU SIMPAN MADU DI KULKAS

T 5 April 2019 F A Madu Al Mubarak

Tak semua makanan dapat disimpan dalam kulkas, salah satunya adalah madu. Dan inilah kesalahan yang sering kita lakukan, dengan alasan agar terhindar dari gangguan semut. Lantas pada suhu berapa yang ideal untuk penyimpanan madu? Madu akan sangat stabil pada penyimpanan... Selengkapnya

KEKENTALAN PADA MADU

T 11 April 2019 F A Madu Al Mubarak

Kekentalan atau viskositas merupakan suatu sifat cairan yang berhubungan erat dengan hambatan untuk mengalir, dimana semakin tinggi tingkat kekentalan maka semakin besar tingkat hambatan. Sangat penting bagi kita untuk memahami masalah kekentalan madu, karena terkait dengan beberapa tahapan selama ekstraksi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Madu Al Mubarak

Alamat

CV. Honeysia Alamindo Barokah
Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

 


 

error: Content is protected !!