Beranda » artikel » TAK PERLU SIMPAN MADU DI KULKAS

TAK PERLU SIMPAN MADU DI KULKAS

T Diposting oleh pada 5 April 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 278 kali

Tak semua makanan dapat disimpan dalam kulkas, salah satunya adalah madu. Dan inilah kesalahan yang sering kita lakukan, dengan alasan agar terhindar dari gangguan semut.

Lantas pada suhu berapa yang ideal untuk penyimpanan madu?

Madu akan sangat stabil pada penyimpanan suhu ruang atau suhu kamar, dengan catatan kemasan tertutup rapat, dan terhindar dari panas serta terlindung dari cahaya matahari.

Menurut wikipedia, suhu ruang atau suhu kamar dalam penggunaan ilmiah dianggap kurang lebih antara 20-25oC. Walaupun bukanlah suatu nilai yang ditentukan dengan persis, nilai tersebut suatu rentang suhu dan kelembaban yang dianggap biasa atau nyaman oleh manusia.

Salah satu sifat unik dari madu adalah kandungan gulanya yang mencolok, yaitu fruktosa (levulosa), gula ini mencetuskan rasa manis. Madu mengandung glukosa (dekstrosa) tetapi rendah akan sukrosa. Kebanyakan madu murni membentuk atau menimbulkan kristal bergula. Glukosalah yang menyebabkan pengkristalan, baik sebagian maupun total. (Sihombing,D.T.H., Ilmu Ternak Lebah Madu, UGM Press. 1997).

Apabila disimpan di kulkas, maka dapat mempercepat proses kristalisasi madu. Kristalisasi dapat terjadi secara alami pada madu, bila molekul-molekul glukosa secara spontan mengendap dari cairan madu. Prinsipnya adalah, molekul glukosa kehilangan air sehingga menjadi glukosa monohidrat dan terbentuklah suatu kristal.

Pada waktu terjadi kristalisasi, maka karbohidrat (gula) yang ada, sebagian besar adalah fruktosa dan air, dimana jumlah air secara relatif menjadi lebih besar dari sebelumnya. Hal ini pulalah yang menyebabkan mengapa lama kelamaan madu yang disimpan lama, yang semula kental menjadi lebih encer dibanding semula.

Karena perubahan tekstur tersebut, madu yang mengkristal akan menjadi sulit untuk dikonsumsi. Meski demikian, tidak berarti madu menjadi busuk, tua, atau menurun kualitasnya. Anda pun masih bisa mengonsumsinya.

Hal ini dapat menjawab keraguan yang kadang muncul dari para konsumen terhadap Madu Al Mubarak yang mengkristal. Madu yang mengkristal bukanlah karena pemalsuan, dan madu tersebut tetap layak dikonsumsi, bahkan sangat enak jika digunakan sebagai selai roti. Selamat menikmati…. :).

Disusun oleh : Eko Retno Wati. 2019

 

Belum ada Komentar untuk TAK PERLU SIMPAN MADU DI KULKAS

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TAK PERLU SIMPAN MADU DI KULKAS

MADU KALIANDRA, MADU EKSOTIK DENGAN SIFAT YANG UNIK

T 23 Januari 2018 F A Madu Al Mubarak

Madu Kaliandra dihasilkan oleh lebah Apis mellivera yang digembalakan di sekitar tumbuhan Kaliandra. Kaliandra (Calliandra calothyrsus) merupakan tanaman semak yang biasa ditemui di daerah sekitar hutan maupun lereng-lereng bukit. Kaliandra banyak dimanfaatkan daunnya sebagai pakan ternak karena kandungan protein kasarnya... Selengkapnya

MENGENAL MADU RANDU LEBIH DEKAT

T 19 Januari 2018 F A Madu Al Mubarak

    Madu Randu merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah ternak Apis mellivera yang diternakkan di kebun yang sebagian besar ditumbuhi pohon randu. Pohon Randu (Kapuk) merupakan pohon tropis yang banyak ditanam di Asia yang memiliki ketinggian 8-30m. Di Indonesia,... Selengkapnya

KEKENTALAN PADA MADU

T 11 April 2019 F A Madu Al Mubarak

Kekentalan atau viskositas merupakan suatu sifat cairan yang berhubungan erat dengan hambatan untuk mengalir, dimana semakin tinggi tingkat kekentalan maka semakin besar tingkat hambatan. Sangat penting bagi kita untuk memahami masalah kekentalan madu, karena terkait dengan beberapa tahapan selama ekstraksi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Madu Al Mubarak

Alamat

CV. Honeysia Alamindo Barokah
Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

 


 

error: Content is protected !!